Ads Top

Apa Penyebab Biduran ?

Umumnya gejala tersebut disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang lemah atau faktor penyebab lainnya, seperti cuaca, makanan, obat-obatan, atau debu. Orang yang mempunyai alergi tertentu dan sistem kekebalan tubuh yang lemah umumnya mudah mengalami biduran. Biduran, kaligata, hives, atau urtikaria adalah reaksi kulit yang menyebabkan munculnya ruam berwarna merah atau putih di permukaan kulit disertai rasa gatal (kadang tidak gatal). Biduran sangat mengganggu, terutama ketika dihadapkan dengan cuaca ekstrim yang kini sedang melanda Indonesia. http://arbanmarzuki.blogspot.com/


Urtikaria akut adalah urtikaria yang gejalanya tidak lebih dari enam minggu. Sayangnya, lebih dari setengah kasus urtikaria akut tidak diketahui penyebabnya. Walau demikian, berikut ini adalah beberapa faktor yang diduga memicu urtikaria akut, yaitu :

Reaksi alergi terhadap faktor yang ada di lingkungan seperti serbuk sari, tungau debu, atau bahan kimia tertentu.

Alergi Debu dan Bulu

Biduran juga bisa disebabkan karena reaksi alergi terhadap debu dan bulu binatang tertentu. Biasanya kondisi dari lingkungan seperti debu, serbuk sari dari bunga dan bulu anjing, kucing atau tikus paling cepat terjadi. Alergi bisa muncul dengan cepat dan biasanya biduran juga akan hilang dalam waktu kurang dari tujuh jam.

Terkena Gigitan Serangga

Biduran juga bisa terjadi akibat terkena gigitan serangga seperti nyamuk atau jenis serangga lain. Awalnya gigitan serangga hanya akan menyebabkan rasa gatal ringan pada bagian yang terkena gigitan. Namun reaksi gatal bisa menyebar ke bagian sekitarnya dan menjadi area yang lebih luas lagi. Untuk mencegah biduran ini maka ketika terkena gatal maka langsung bisa diobati.

Pengaruh Protein Dalam Tubuh

Setiap orang memiliki antibodi yang bekerja untuk melawan virus atau bakteri dalam tubuh. Ketika antibodi bekerja untuk tubuh maka akan menghasilkan histamin. Beberapa orang memang tidak bisa menerima histamin kemudian akan menyebabkan reaksi biduran. Hal inilah yang kemudian menyebabkan tubuh biduran dan biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh.\

Pengaruh Perubahan Cuaca

Biduran juga bisa terjadi akibat pengaruh dari perubahan cuaca yang memiliki tekanan dan perubahan tinggi. Beberapa penderita biduran bisa kambuh ketika masuk ke daerah dengan cuaca yang sangat panas atau terlalu dingin. Tubuh memberikan reaksi yang lebih kuat sehingga menjadi biduran. Biduran seperti ini biasanya akan hilang sendiri dan butuh waktu sembuh hingga empat jam. Jika lebih dari empat jam tidak sembuh maka harus mengunjungi dokter untuk mendapatkan obat

Pengaruh Obat-Obatan

Biduran juga bisa terjadi karena pengaruh obat-obatan. Beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan reaksi biduran adalah seperti aspirin, obat penekan rasa sakit, obat penghilang rasa sakit, ibuprofen, obat anti inflamasi dan obat pengatur tekanan darah. Kondisi ini biasanya sering terjadi pada pasien setelah menjalani prosedur operasi. Tes alergi bisa diberikan untuk mengetahui reaksi alergi terhadap obat dan mencegah biduran.

Ruam biduran adalah akibat peradangan di lapisan permukaan kulit yang meninggalkan gatal dan bengkak. Orang-orang yang memiliki urtikaria juga dapat memiliki angioedema, yaitu pembengkakan jaringan yang lebih dalam, yang dapat mempengaruhi daerah kulit, seperti telapak tangan atau telapak kaki, lengan atau kaki, wajah atau bibir, lidah atau tenggorokan. Jadi tentunya anda agar selalu memperhatikan kesehatan dan kebersihan tubuh agar dapat meminimalisasi penyakit kulit.

Apa Penyebab Biduran ? 
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.